ABDUL AZIZ LAMAZIDO PENGGERAK PEMUDA KELURAHAN SUKAHATI MENJADIKAN KAMPUNG WISATA PEMBIBITAN POHON BUAH ALPUKAT DI KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT

PostJakarta
0

Ditengah krisis global,  sektor pertanian tumbuh dan berkembang. sangat luar biasa. dulu pemuda bertani malu. Tapi sekarang bisa berbangga...  lahir dari anak petani. alhamdulillah bisa mewariskan kebiasaan bertani dan menyentuh dengan sistim milenial. 


Abdul Aziz Lamazido ,
menuturkan kisahnya,
 "kami para pemuda Desa Sukahati semakin banyak yang bergerak untuk  tetlibat dan semangat  bangkit di era krisis ini. Beberapa bulan terakhir ini kita belanja bareng menuju maju bareng.  Semua berbudidaya bidang pembibitan buah .. prinsipinya adalah maju bareng.

 bupati Bogor Ade Yasin sangat  menyambut dengan baik. ditahun 2017 telah  di canangkan Desa Sukahati Kecamatan Cibinong kabupaten Bogor  menjadi kampung wisata pembibitan buah Alpukat.

desa sukahati menjadi desa pembibitan
dengan kontribusi pemerintah dalam bentuk promo... dengan varietas alpukat bisa dicari disini.
Produk sukahati pembibitan hasil budi daya buah sudah sampai di Sumatera, Sulawesi dan Papua.

10 atau 15 tahun yang lalu, Desa Sukahati adalah wilayah pertanian buah buahan. Sistim bercocok tanam  dengan cara cara lama/ tradisi, tapi alhamdulillah,  saat ini teman teman Karang Taruna,  pemuda serta unsur yang lainya menbentuk kelompok tani  . Pemerintah desa hingga kab. merespont dengan baik . Sebagai langkah awal kami bergerak  dalam hal pembibitan buah buahan.

 Peran serta  pemerintah kabupaten Bogor serta  penyuluhan dari berbagai  kampus di Kabupaten bogor dan yang lainnya sangat membantu banget dalam pembentukan dan pengembangan kreatifitas kami sebagai kelompok tani.

Seiring dengan waktu berjalan kebutuhan  masyarakat  serta instansi  terkait  kebun buah buahan meningkat drastis di masa pandemi covid 19.  Hal itu  mendorong semangat bagi para pembibit di Desa Sukahati Kec . Cibinong Kab. Bogor Jawa Barat.

kelurahan sukahati sudah menjadi kampung pembibitan alpukat berbagai varietas di Kabupaten Bogor.

Bogor  Alpu adalah gagasan kami.
Kami sudah siapkan konsep pembuatan monumen Alpukat di perempatan Karadenan Bogor. tinggal menunggu respont pemerintah kab. Bogor  saja. Kami siap bantu.

 mayoritas jenis bibit yang dikembangkan adalah bibit  buah.  Jenis bibit unggulan  yang kami kembangkan adalah Alpukat berbagai jenis, jeruk berbagai jenis, bibit duren juga berbagai jenis.   Jambu krisral juga tidak kalah menarik,  lumayan banyak peminatnya . yg paling trend adalah alpukat . Beberapa tahun yang lalu alpukat sempat banyak yang memesan. Seiring dengan berjalannya waktu dan situasi ekonomi  melemah . yang paling aman adalah taneman jeruk dimasa covid 19 ini. alhamdulillah kami baru baru ini melayani pemesanan 5000 pohon jeruk di sukabumi.
kebanyakan kami menerima pemesan di jawa barat.

kami juga juga memiliki program persemaian di wilayah kelurahan,  penanaman serta perawatan serta penyuluhan bagi peminat tanaman alpukat.
banyak pemilik lahan sudah memesan untuk penanaman dan perawatan. kultur jaringan juga sudah kami buat. sehingga segala kebutuhan konsumen dapat terpenuhi.

kami juga melayani kontrak buah... jika membeli bibit serta penamaan pohon buah  alpukat skala besar .. nanti buahnya kami yang  akan memasarkan. 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)