JUMBARA PMR IX DKI JAKARTA 2019 : PMR SEBAGAI AGEN PERUBAHAN

PostJakarta
0



Jakarta Buperta Cibubur, 15 Oktober 2019.
Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) PMR PMI Provinsi DKI Jakarta lX/2019 pada tanggal 15 19 Oktober 2019 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap 5 tahun sekali, dan akan diikuti sekitar 5.300 peserta terdin’ dan’ anggota PMR, Guru Pembina PMR, dan Pengurus PMI se DKI Jakarta.

Jumbara PMR dilaksanakan karena PMI merupakan organisasi yang tugas pokoknya adalah membantu pemerintah dalam tugastugas kemanusiaan, dengan Relawan sebagai motor organisasi. Dan PMI juga senantiasa harus mempersiapkan tunas-tunas Relawan, dalam hal ini anggota Palang Merah Remaja (PMR).

“Palang Merah Remaja adalah cikal bakal Relawan PMl yang berkualitas, yang mampu

menjalankan tugas-tugas kemanusiaan dan menjamin kesinambungan organisasi PMI di masa depan," kata Ketua Pengurus Provinsi PMI DKI Jakarta, Muhammad Ali Reza.

PMR juga harus dididik, dibina dan dikembangkan sejak dini agar bisa menjadi sosok Relawan yang berkarakter ke-lndonesia-an,
terampil, kreatif dan m‘emiliki jiwa kepemimpinan.

“Jumbara juga merupakan sarana untuk mengevaluasi penerapan kurikulum pembinaan dan pelatihan PMR serta pembinaan PMR di tingkat Kota/Kabupaten se DKI Jakarta,” ucap Muhammad Ali Reza.

Selain diikuti oleh kontingen PMR yang mewakili seluruh Kota/Kabupaten 56 BK! Jakarta, Jumbara PMR juga diikuti oleh perwakilan dari provinsi lain, dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Adapun tema kegiatan Jumbara PMR PMI Provinsi DKI Jakarta IX/ 2019 yaitu “PMR Sebagai Agen Perubahan”. Dan juga penggunaan logo Jumbara yang menggabungkan be~ berapa ikon budaya Betawi yang sarat makna, juga style ceria yang cocok dengan karakter remaja millennial. Logo tersebut diharapkan dapat mewakili acara yang mempertemukan beragam remaja sehat, berjumpa untuk berbakti dan berkarya, seh'mgga dapat meningkatkan kuahtas karaktemva. Ondel-ondel dinilai sangat familiar,bahkan
untuk peserta di luar DKI Jakarta. Oleh karena itu dipilih menjadi wajah depan logo, sehingga dapat memberi kesan Tuan Rumah yang ramah. Jumbara PMR merupakan salah satu sarana untuk mewujudkan harapan tersebut.

“Saya mengucapkan selamat mengikuti kegiatan Jumbara PMR kepada adik-adik sekaIlian. Para anggota PMR merupakan generasi muda dan kader-kader pemimpin masa depan bangsa,” tutur Muhammad Ali Reza.

Sementara itu, Ketua Panitia Jumbara PMR PMI Provinsi DKI Jakarta lX/2019, Gde Sardjaa na mengatakan melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam Jumbara, anggota PMR dapat mengembangkan kapasitas, ketrampilan, dan sikap positif serta sebagai ajang mempererat tali persahabatan dan per; saudaraan sesama anggota PMR di wilayah DKI Jakarta, sesuai dengan Tn' Bakti PMR.

“PMR merupakan wadah pembinaan generasi muda PMI yang amat potensial untuk dididik, dibina dan selanjutnya diarahkan sebagai Calon Relawan Masa Depan sebagai Agen Perubahan, sesuai dengan tema yang diangkat dalam kegiatan Jumbara PMR PMI DKI Jakarta kali ini,” jelas Gde Sardjana.

“Jumbara PMR juga dapat memperat persahabatan anggota PMR antar wilayah,” ungkap Gde Sardjana. Jumbara PMR merupakan salah satu nilai indikator bagi PMI Provinsi DKI Jakarta untuk mengevaluasi anak-anak PMR di tingkat Kota/Kabupaten dalam rangka seleksi untuk mengikuti kegiatan Jumbara PMI Tingkat Nasional."

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)