Kajian Lintas Agama FKUB Kota Tangsel : Outlook 2021

PostJakarta
0



Pamulang Tangsel,
Di penghujung tahun 2021 Kantor pelayanan keagamaan FKUB pamulang Tangsel adakan Kajian lintas agama secara berkala secara internal , yaitu setiap 1 bulan sekali. Kali ini Kajian Lintas Agama  bulanan tentang literasi peribadatan agama Kong hu chu dan agama Budha . dengan maksud agar sesama pengurus  FKUB dapat mengetahui tatacara peribadatan.
 Kajian Lintas agama ini di pandu oleh Waketu 1 FKUB kota Tangsel. Drs. Samsudin Dasan. (30/12/2021)

Didalam keterangannya Drs. Samdudin Dasan menerangkan bahwa, " Dialog Lintas Agama , artinya agama yang ada di Indonesia ada 6. (Islam , Kristen, Katolik, Budha , Hindu serta Konghuchu). Di tahun 2021, per 6 bulan ( Januari -Juni 2021)   pokok bahasannya adalah Aspek Keimanan 6 agama tersebut. Kemudian 6 bulan kedua ( Juli - Desember 2021) kita Adakan dialog terkait dengan peribadatan masing masing agama. Di tahun 2022 mendatang di smester pertama Januari - Juni) membicarakan ajaran sosial kemasyarakatan di 6 agama, termasuk sosial ekonomi dan sosial politik. Kemudian 6 bulan berikutnya ( Juli - Desember) kita adakan diolog tentang ajaran ahlak dan budi pekerti dari ke 6 unsur agama".


Drs. Samsudin Dasan menambahkan, " Di 6 agama mempunyai 4 aspek ajaran. Yaitu aspek hikmah, ibadah, ahlak dan sosial. Yang diutamakan adalah masalah toleransi, berkeadilan dan kesetaraan. Yang perlu oleh umat beragama adalah 2 yaitu hikmah dan ibadah. Sebab hal berbeda disetiap agama. Ini tidak bisa di toleransi. Masalh iman adalah beda beda. Masalah ke Tuhan- nan  serta ke-nabi-an sangat berbeda. Hal ini tidak bisa di tolenransi sehingga salah mengartikan. Inilah pentingnya ada FKUB. Menjaga batas toleransi serta menjaga penyimpangan toleransi yang alasannya acuan dasar ke - Tuhan-nan. Atas segala upaya ini FKUB mengejar target, yaitu Harmonisasi keagaman  di kota Tangsel.
FKUB Tangsel turut mendukung tageline Kemenag kota Tangsel, yaitu ditahun 2022 adalah " TAHUN TOLERANSI ". demikian pungkas Drs. Samsudin Dasan.

Pada kesempatan itu juga, Ketu FKUB Tangsel Drs. H. Fachruddin Zuhri M.Si, menjelaskan bahwa, kegiatan KAJIAN LINTAS AGAMA (KLA) merupakan salah satu program unggulan di tahun kedua masa kepemimpinannya.

Walikota Tangsel H. Benyamin Davnie dan Ketua FKUB Tangsel H. Fachruddin Zuhri

H. Fachruddin lebih lanjut menyampaikan, 
 kami Pengurus Harian FKUB pemegang mandat Kepala Daerah, dalam hal ini Walikota Drs. H. BENYAMIN DAVNIE, maka apapun yg kami kerjakan harus  sepengetahuan Pemerintah.tahun pertama. Di 2020 digunakan utk membangun Budaya Organisasi berdasarkan kesepahaman personal satu sama lain, hal ini penting agar satu sama lain saling menyesuaikan, berharap ritme sinergitas solid dan efektif.

Tahun kedua 2021, membangun budaya organisasi berdasarkan sistem, sehingga Ketua tak boleh dibiarkan memakau "manajemen tukang cukur" dalam menjalankan roda organisasi FKUB, dan Alhamdulillah kedua budaya organisasi yg dibangun sudah tuntas, semuanya sudah on the track, maka tahun ketiga 2022, FKUB akan memasuki pelaksanaan program diluar tupoksi, namun tidak menyalahi ketentuan, seperti; membentuk FKUB Kecamatan, mencetak GENERASI EMAS INDONESIA, dan Penguatan KOMITMEN KEBANGSAAN para pucuk pimpinan rumah ibadat, diusung bersama dg Ikatan Alumni LEMHANAS Komisariat Provinsi Banten ". Tutur ketua FKUB Kota Tangerang selatan.


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)