Membentuk Kepribadian Bangsa, KOOD Lestarikan Budaya Tradisi

PostJakarta
0


Rawa Denok Panmas Depok, (11/01/2022)
Walikota depok berkunjung ke rumah budaya Depok Rawa Denok Pancoran mas Kota Depok. Kehadiran pak wali disambut oleh tampilan kesenian Gambang kromong  Kinang Putra asuhan Bang Andi Saputra. Sanggar Kinang Putra salah satu 19 Sanggar kesenian Tradisi Betawi yang ada di Kota Depok dibawah naungan LBNKD Lembaga Budaya Nusantara kota Depok pimpinan Andi Sapitra.

Ketua KOOD. H. Ahmad Dahlan menuturkan, " KOOD ( Kelompok Orang Orang Depok) suatu Lembaga Independent yang sangat concent dalam menjaga dan melestarikan Seni serta adat Budaya Depok terus hadir serta bersinergy dengan berbagai pihak . Baik dengan lembaga pemerintahan, pemehati Seni dan budaya, sejarawan, sanggar sanggar kesenian serta para seniiman/ seniwati  dalam khasanah literasi seni dan budaya, diantara pelestarian Seni Gambang Kromong yang ada di Kota Depok. Kami mohon dukungan dari berbagai pihak terkait pelestarian budaya kota depok. Kita pengen tradisi Depok yang udah ngga ada . Ini tetap di jaga kelestariaannya. Apakah budaya lisan, seni pertunjukan dan lainnya. Mudah- mudahan pemerintah daerah punya perhatian  khusus, mengingat keberadaannya kurang diminanti oleh generasi muda saat ini ".


Bang Dahlan menambahkan, "Kita adalah generasi pendengar. kalau dibawah kita adalah cerita. Semoga minimal orang depok melihat bahwa kesenian kota depok yang  tersembunyi".

" Dalam membentuk  jadi diri. Dari seni  dan mental anak bangsa khususnya generasi muda dalam mempertahankan budaya depok. Kami (KOOD) mengingikan agar pelajaran budaya Berawi kota depok menjadi eskul tetap pelajar di kota depok. Untuk sementara ini kami membuka peluang kepada kalangan generasi muda baik pelajar maupun umum , yaitu Tari topeng dan gambang kromong dan bahasa.
Mohon dilestarikan dan di bantu. Saya juga berharap kesenian betawi dapat merambah kemana mana. Keberbagai kalangan. Kami (KOOD) Berharap budaya baju pangsi ala Betawi menjadi seragam tetap para pegawai negri maupun swasta di kota Depok ". Demikian harapan Bang Dahlan Keua KOOD


Dalam sambutannya pak walikota  depok M. Idris  menandaskan bahwa. Melestarikan kesenian serta Kebudayaan adalah suatu keniscayaan bagi masyarakat berbangsa dan bernegara. Insya Allah para pejabat daerah yang hadir saat ini dapat mensuport kegiatan yang sangat fositif ini.
 Kalau sebuah bangsa tidak menghargai budayanya maka tunggu tanggal mainnya saja.. bangsa itu akan hancur.

Kiyai Idris menambanhkan, " Sekarang ini Warga Depok sudah berpenghuni multi etnis. Orang Betawi sebanyak 36 %, orang Jawa 35 %. Sisanya ada Minang, Batak,  Indonesia bagian timur. Termasuk didalamnya Sulawesi, Papua, NTT Dst. ".


" Kalau kita lihat kesenian Gambang kromong ini tidak beda dengan seni irama semi barock. Hasil survey menunjukan bahwa belajar musik dapat membentuk otak berdaya kreatif. Berhubungan dengan otak manusia. Artinya daya simpan memory sangat kuat. Pembentukan karakter bisa juga dari bunyi bunyian hasil karya Kesenian. Bisa jadi pemimpin Lead with the love. Memimpin dengan cinta ". Kilas pak Kiyai.




Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)