Ketua FKUB Kota Tangsel FZ, Mengajak LPM UMJ Untuk Tidak Terjebak Menjadi Sumber Konflik

PostJakarta
0
Ketua FKUB Fachruddin Zuhri (tengah) selaku tuan rumah menyampaikan sambutannya, paling kiri Azlan Ketua Umum LPM UMJ, paling kanan Danish Ketua Panitia Kegiatan.

Mahasiswa mendapat stigma positif dari masyarakat awam, mereka dipandang sebaga cendikiawan muda maha tau segalanya, status sosial yang mengkristal sepanjang sejarah peradaban bangsa. Pandangan masyarakat  demikian tak terlalu salah, walau tak sepenuhnya benar, mahasiswa umumnya masih sangat idealis dalam memperjuangkan sesuatu gagasan perubahan, walau kemudian fakta juga bicara ada aja oknum mahasiswa yang tergadai pada suasana pragmatis.

Seluruh Calon Pengurus LPM UMJ pose bersama dengan Ketua FKUB selaku Keynote Speaker sebelum Pelantikan.

Sabtu 01 April 2023, bertempat di Aula FKUB Tangsel, sepuluh orang mahasiswa dari beberapa Fakultas yang tergabung dalam organisasi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Universitas Muhammadiyah Jakarta, menyelenggarakan serangkaian kegiatan; Pelantikan Pengurus, Rapat Kerja dan Buka Puasa Bersama. 

Ketua Umum LPM UMJ Azlan pada sambutannya antaralain mengatakan; sangat berterimakasih kepada Ayahanda FZ berkenan memberikan kesempatan kepada kami memakai Aula FKUB dengan segala sarana penunjang lainnya, dan sangat mengharapkan Ayahanda berkenan memberikan materi pencerahan kepada kami, saya mengetahui bahwa Ayahan bukan saja sebagai dosen, tetapi juga jurnalis senior yang cukup berperan dalam proses pemekaran wilayah yang kemudian melahirkan Kota Tangerang Selatan".

Ketua FKUB diposisikan sebagai Keynote Speaker pada sesi jelang Rapat Kerja, tentu hal tersebut didasari fakta bahwa Ketua FKUB adalah juga jurnalis Senior dan pernah memiliki media cetak Majalah CMR.

Ketua FKUB dalam posisi Keynote Speaker.

Pada kesempatan itu Ketua FKUB. Fachruddin Zuhri yang di kalangan  komunitas Jurnalis akrab disapa Bang FZ, antaralain mengatakan, " prinsip dasar berbicara dan  menulis hakikatnya sama,  bagai mana kita mampu menterjemahkan konsep 5 W (What, Where, When, Who, dan Why) ditambah 1 H (How), yang merupakan prinsip dalam menulis versi jurnalistik. Sementara menulis ilmiah yang dibuktikan dengan penyusunan Skripsi struktur penulisan kurang lebih; ada sistimatika, latar belakang, maksud dan tujuan, permasahan, analisa permasalahan, pemecahan masalah dan kesimpulan, sebuah tulisan ilmiah juga diukur dari cara pemilihan kosa kata, konsistensi pemanfaatan kata dan kalimat ".

Disamping itu juga Bang FZ juga menyampaikan bahwa mahasiswa UMJ seyogyanya menjadi agen Moderasi Beragama, dan ada empat ciri orang berkarakter  moderat; anti kekerasan, memiliki komitmen kebangsaan yang kuat, menghargai kearifan lokal, dan menghormati orang lain, saya yakin kalian semua moderat karena Muhammadiyah mengusung sandi pergerakannya "Muhammadiyah progresif atau berkemajuan".

Terkait dengan posisi saya sebagai Ketua FKUB saya ingin mengajak kalian semua aktivis LPM UMJ ini, hindari tampilan lahiriah dan perilaku sosial  eksklusif, hal ini berpotensi menjadi sumber konflik, selalu berusaha adaptif (praktik dimana bumi dipijak disana langit dijunjung). pungkas ketua FKUB . Kota Tangsel

 Keluarga besar LPM UMJ usai Buka Puasa Bersama.


 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)