RW 01 Kelurahan Kedaung Jadi Pilot Project Dalam Program PROKLIM

PostJakarta
0


Kedaung,

PROKLIM, Pembinaan Kampung Iklim, Kelurahan Kedaung Laksanakan Pelatihan Pemilihan Sampah.

Kegiatan diselenggarakan selama 2 hari sejak 12-13 September 2023,  di Taman Kedaung Paud Wijaya Kusuma RW.01 kelurahan Kedaung Kecamatan Sawangan Kota Depok. 

Peserta adalah masyarakat RW. 01.


Staf kelurahan Kedaung bapak Saepudin, dalam membuka acara PROKLIM , Kasie Pem . Kelurahan Kedaung mengatakan , Dengan adanya kegiatan ini masyarakat akan mengerti Bagaimana caranya  memilah sampah Dari rumah. Masalah sampah harus di antisipasi dari rumah dalam pemulihannya . RW 1 dijadikan kampung Ploklim (pilot project) atau percontohan bagi wilayah lain  di Kel. Kedaung. . Kampung caraka juga jadi lokus di RW. 01. Tujuan pemerintah tujuan kota layak anak akan tercapai.

Kita pemerintah akan berupaya untuk meminimalisir lonjakan atau tumpukan sampah yang di TPA Cipayung. Rw.01 Kedaung  dijadikan  percontohan kampung PROKLIM, sebagai awal kita laksanakan sosialisasi . Bagi para peserta  Selama mengikuti kegiatan ini semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat semuanya. 

Dengan adanya kegiatan pilah sampah ini bisa dengan segera program lingkungan hidup bebas sampah bisa direalisasikan .

 Sampah dari kita , buat kita juga. Artinya sampah punya nilai ekonomis. Program Pilah sampah merupakan salah satu solusi untuk menambah nilai tambah. Di  Ingatkan agar masyarakat tidak membakar sampah. Sangat berbahaya buat kesehatan . Apalagi saat ini musim panas, bisa membahayakan,   baik kesehatan mau keselamatan dari bahaya kebakaran.


Johan dari Dinas DLKH kota Depok mengatakan, bahwa sebenarnya TPA kita ada di Cipayung luasan 15 hektar . Bersyukur warga  Cipayung sangat ikhlas tempatnya menjadi pembuangan sampah.  Tapi saat Ini luasan tersebut sangat oper loud. Yg terisi tinggal 13 hektare . Oleh sebab Kita perlunya pembinaan kampung Ploklim. Dalam rangka mengurangi timbunan sampah rumah tangga  Diharapkan masyarakat ikut dalam program pemerintah dalam hal pengelolaan sampah / lingkungan hidup . 

" Semoga  masyarakat maksimal  hanya membuang sampah di TPA  10 persen dari jumlah sampah rumah tangga/rumah Yang dibuang ke TPA. Sisanya 90 persen adalah sampah yg bisa di olah. Baik sampah organik dan non organik ".

" Dengan sosialisasi  memilah sampah yang kita lakukan itu merupakan ladang pahala. Sebab kebersihan adalah sebagian dari iman ". Pungkas Bang Johan.



Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)